Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.  Kegiatan ini bertujuan menjadi wadah pengembangan kemampuan sotfskill dan hardskill mahasiswa Indonesia dalam penerapan ilmu dan teknologi di masyarakat. Pada tahun 2023 ini, tiga tim PKM mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran lolos pendanaan Dikti. Salah satunya, tim PKM Riset Eksakta Seraphy. Tema riset yang diangkat yaitu Kajian oseanologi dan kesehatan terhadap terapi pasir di Pantai Kejawanan, Kota Cirebon.

Tim Seraphy diketuai oleh Hadi Firdaus (Ilmu Kelautan 2021) dengan empat anggota lainnya, yaitu Nabyla Nur’aeni (Keperawatan 2020), Andriano Sembiring (Ilmu Kelautan 2021), Mala Dewi Sopa (Ilmu Kelautan 2021), dan Annisa Zahra (Ilmu Kelautan 2021) di bawah bimbingan Dr. rer. nat. Santi Rukminita Anggraeni, S. TP., M. Si.

Pengambilan data oseanologi oleh tim PKM (Hadi Firdaus, Andriano Sembiring dan Mala Dewi) Pantai Kejawanan, 31 Agustus 2023

“Di Pantai Kejawanan telah berkembang kepercayaan masyarakat mengenai terapi pasir yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari reumatik, asam urat, diabetes, stroke hingga penyakit kulit. Namun, hal ini masih menjadi mitos belaka dan belum ada pembuktian secara ilmiah apakah benar pasir di Pantai Kejawanan memiliki unsur yang dapat menyembuhkan penyakit atau hanya sekadar mistis.” Ucap Bapak Sarwono, A.Pi Selaku Kepala PPN Kejawanan. Berangkat dari hal tersebut, Tim Seraphy melakukan penelitian untuk membuktikan khasiat terapi pasir di Pantai Kejawanan.

Penelitian dilakukan dengan rangkaian pengambilan data dan analisis data. Pada tanggal 29 Juli hingga 3 Agustus 2023 telah dilakukan pengambilan data di Pantai Kejawanan. Data yang dihimpun berupa data oseanologi, yaitu parameter fisika dan kimia air laut, sedimen pasir, serta data kesehatan, yaitu data responden dari pengunjung Pantai Kejawanan yang melakukan terapi.

Tim PKM melakukan pengambilan data responden kesehatan di Pantai Kejawanan, 29 Agustus 2023

Hasil dari pengambilan data kemudian diolah dan dianalisis. Hasil analisis sedimen pasir telah mengungkap bahwa pasir Pantai Kejawanan mengandung unsur Fe (besi). Kandungan besi (Fe) membuat pasir dapat menyerap radiasi matahari sehingga pasir menjadi hangat. Panas pada pasir akan diserap oleh kulit dan membuat pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan tekanan darah menurun. Temuan ini selaras dengan data responden pengunjung yang telah melakukan terapi, bahwa tekanan darah responden menurun setelah dilakukannya terapi.

Selama pengambilan data berlangsung, PPN Kejawanan telah banyak memberikan bantuan dan fasilitas yang mendukung. Bapak Sarwono, A.Pi Selaku Kepala PPN Kejawanan mengungkapkan harapannya mengenai penelitian ini, “Dengan adanya penelitian dari mahasiswa Universitas Padjadjaran dapat membuktikan informasi- informasi mengenai sea sand therapy di Wisata Bahari Kejawanan agar masyarakat dapat memanfaatkan metode sea sand therapy ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.”

Berdasarkan hasil penelitian ini, Hadi Firdaus mengungkapkan bahwa “Tim Seraphy akan membuat rekomendasi terapi yang aman dan berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek oseanologi yang dimuat dalam Buku Saku. Selain itu, hasil penelitian ini akan dimuat menjadi artikel ilmiah.”

Baixar EaseUS Data Recovery Wizard Crackeado