Jatinangor, 14 Desember 2021 Himpunan Mahasiswa Pariwisata Bahari (HIMAPARI) Universitas Padjadjaran kembali mengadakan webinar series dalam rangka memperingati Hari Nusantara 2021. Kegiatan tersebut merupakan gaagasan dari Ketua Program Studi Pariwisata Bahari Dr. Atikah Nurhayati,SP.,MP dan berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Pariwisata Bahari dan Dosen Pengampu MICE Dr. Dra. Dewi Ratnasari, M.Hum, sebagai bagian dari kegiatan praktikum pada matakuliah tersebut.

Acara dibuka secara resmi pada Senin, 13 Desember 2021 oleh Wakil Dekan I Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran (Dr. Ir. Rita Rostika, M.P).

Rangkaian acara dilakukan selama dua hari berturut dengan mengundang 2 keynote speaker dan 8 narasumber dari kalangan akademisi maupun dari dunia industri pariwisata bahari. Melalui acara ini lebih dari dua ratus peserta hadir mengikuti acara webinar “Mantis: Parade Nusantara Pariwisata Bahari 2021”.

Berikut keynote speaker dan narasumber yang terlibat:

Banyak mahasiswa dan masyarakat umum yang tertarik untuk mengetahui dan diskusi seputar informasi terkini dan persiapan sebagai generasi muda dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Selain webinar, lomba karya tulis ilmiah untuk tingkat mahasiswa juga menjadi rangakaian acara ini. Dengan mengangkat tema yang sama, mahasiswa juga diharapkan dapat menawarkan penyelesaian terkait isu pariwisata bahari atau sosial ekonomi pesisir dan laut. Berikut daftar pemenang lomba karya tulis ilmiah pada Parade Nusantara Pariwisata Bahari 2021.

Juara I: Amah Laviona dan tim

Juara II: Esti Indriani dan tim

Juara III: Aprilia Ferennis dan tim

Adapun tujuan dari adanya Parade Nusantara Pariwisata Bahari 2021 ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan nilai juang generasi muda dalam menjaga kedaulatan laut nusantara. Sehingga diharapkan akan semakin banyak insan-insan muda yang terlibat aktif dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, baik dalam industri kelautan, perikanan, dan pariwisata bahari.

“Teknologi saat ini mempermudah kita untuk belajar ilmu tanpa harus pergi ke negara asalnya. rencana kedepannya akan ada webinar-webinar dengan pelaku bisnis yang ada di luar negeri tentunya di bidang kajian pariwisata bahari. Semoga para lulusan memiliki daya saing yang lebih baik,” ucap Dr. Ir. Rita Rostika, M.P, Wakil Dekan I FPIK Unpad.

Pada minggu sebelumnya, tepatnya tanggal 9 Desember 2021 HIMAPARI juga berhasil menyelenggarakan webinar dengan mengundang Koordinator Produk dan Promosi Wisata Alam Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Itok Parikesit, ST., MM) sebagai pembicara utama.

Media Kontak

Email: pariwisatabahariunpad@gmail.com

Instagram: unpadpariwisatabahari