Rektor  Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE. mengukuhkan dua guru besar baru Unpad dalam Prosesi Pengukuhan dan Orasi Ilmiah Jabatan Guru Besar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Jumat (8/11) pagi.

Rektor Universitas Padjadjaran rof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE. mengukuhkan dua guru besar baru Unpad, Prof. Dr. Zuzy Anna, S.Si., M.Si. dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (kanan) dan Prof . Dr  rer. nat. Yudi Rosandi, S. Si., M.Si. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (kiri) di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Jumat (8/11) pagi. (Foto: Arief Maulana)*

Dua guru besar baru tersebut adalah Prof. Dr. Zuzy Anna, S.Si., M.Si. dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Prof . Dr  rer. nat. Yudi Rosandi, S. Si., M.Si. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Prof. Zuzy dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang ilmu Ekonomi Sumber Daya Perikanan, Kebijakan Sumberdaya Perikanan. Pada kesempatan tersebut, Prof. Zuzy membacakan orasi ilmiah berjudul “Pemanfaatan Model Bio-Ekonomi dalam Pengelolaan Sumber Daya Perikanan yang Berkelanjutan”.

Prof. Zuzy mengatakan bahwa untuk menyelesaikan berbagai masalah perikanan di Indonesia, dibutuhkan kebijakan melalui pengembangan riset model bio-ekonomi.

Dijelaskan Prof. Zuzy, model bio-ekonomi perikanan sebagaimana juga model-model lain yang dihasilkan dalam kerangka sains adalah respresentasi dari dunia nyata.  Model bio-ekonomi dianggap lebih multi dimensi dan komprehensif, serta mengakomodasikan kepentingan sosial dan ekonomi pelaku perikanan (fish for man), disamping tetap mempertahankan keberlanjutan sumber daya ikan (fish for fish).

“Penggunaan model yang lebih multi dimensi, dianggap lebih dapat diandalkan dan lebih rasional. Kebijakan yang dihasilkan dari studi bio-ekonomi akan menghasilkan perikanan yang efisien dan optimal,” ujar Prof. Zuzy.

Dengan demikian,  pemanfaatan model bio-ekonomi dalam pengelolaan perikanan diharapkan dapat mendorong pencapaian target melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya kelautan dan samudera untuk pembangunan berkelanjutan. Hal tersebut sesuai dengan yang termaktub dalam Sustainable Development Goals No. 14.

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

link sumber berita http://www.unpad.ac.id/2019/11/rektor-kukuhkan-dua-guru-besar-baru-fpik-dan-fmipa/