Home / Berita / Pelatihan Pembuatan Surimi dan Fish Jelly 2017

Pelatihan Pembuatan Surimi dan Fish Jelly 2017

Departemen Teknologi Hasil Perikanan yang diprakarsai UKMF Fortifikasi melakukan kegiatan Pelatihan Pembuatan Surimi dan Produk Fish Jelly. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 20 dan 21 Mei 2017, diikuti oleh 28 mahasiswa FPIK angkatan 2014, 2015 dan 2016.

Kegiatan pada hari pertama adalah pemberian materi dan praktik pembuatan surimi, sedangkan pelatihan hari kedua difokuskan pada pembuatan produk fish jelly. Pemberian materi pada hari pertama disampaikan oleh dua orang narasumber yaitu Dr. Ir. Eddy Afrianto, M.Si dengan judul “Potensi dan Perkembangan Prduk Fish Jelly Sebagai Pangan Bermutu” dan Ir. Evi Liviawaty, MP. dengan judul“Bahan Baku Ikan dan Produk Fish Jelly yang Bermutu”.  Praktik pembuatan surimi dilakukan di Laboratorium Pengolahan Hasil Perikanan. Surimi yang dibuat menggunakan Ikan Cunang yang didapatkan dari TPI Indramayu.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, khususnya mahasiswa perikanan. Selain mendapatkan sertifikat, mahasiswa bisa membuat surimi dan produk fish jelly serta memahami setiap proses pembuatanya dengan baik.” tutur Ir. Evi Liviawaty, MP, selaku ketua pelaksana.

Redaksi : Windi Damayanti.