Bandung, 15 Desember 2018 – UKM Renang Unpad (URU)merupakan salah satu wadah untuk para mahasiswa Universitas Padjadjaran khususnya di bidang olahraga renang untuk mengembangkan bakat yang dimiliki oleh para mahasiswa dan minat yang dimiliki oleh para mahasiswa. Pada akhir tahun 2018 yang lebih tepatnya tanggal 15 Desember 2018 ini, UKM Renang Unpad (URU) telah mendapatkan Juara Umum 1 pada Padjadjaran Swimming Competition tingkat Universitas Se- Indonesia yang di selenggarakan oleh Universitas Padjadjaran di Kolam Renang Prestasi Koni Bandung.

Kompetisi renang “Padjadjaran Swimming Competition (PSC)” yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Renang Universitas Padjadjaran ke 2 kalinya ini dapat meningkatkan kemampuan dan motivasi para perenang sekaligus menggali potensi yang lebih dalam lagi yang dimiliki mahasiswa.

PSC ini digelar pada tanggal 15 Desember 2018, bertempat di Kolam Renang Prestasi Koni JABAR , jl. pajajaran, pasir kaliki, cicendo, kota bandung, jawa barat 40173. Sebanyak 31 mahasiswa dari Universitas Padjadjaran ikut bersaing dalam memenangkan kejuaraan renang yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Renang Universitas Padjadjaran yang dipandu secara teknis oleh Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

Tahun ini, Unit Kegiatan Mahasiswa Renang Unpad (URU) mendapatkan Juara Umum 1 pada kompetisi PSC ini. M.G. Catherine De Ricci (Fikom 2015) mendapatkan mendali Perunggu untuk 50m gaya dada dan Mendali Perunggu untuk 200 Individual Gaya ganti. Tidak hanya Catherine , Utari Dwi Putri mahasiswa Unpad jurusan Kedokteran Hewan angkatan 2017 mendapatkan Mendali Perak untuk 200m Gaya bebas dan mendali Perak untuk 100m gaya dada.

“Teruslah mencetak prestasi dari tahun ke tahunnya karena kebanggaan UNPAD ada di tangan URU” ujar Fariz selaku Ketua Pelaksana PSC.

Pada tim Estafet gaya ganti putri yang beranggotakan azzahra siti nabila (Fisip 2016), utari dwi putri (Kedokteran Hewan 2017), dara mitvahani (Fisip 2018), m g catherine de ricci (Fikom 2015) mendapatkan mendali Emas dan untuk Rindah talitha vida (FPIK 2017), azzahra siti nabila (Fisip 2016), utari dwi putri (kedokteran Hewan 2017), m g catherine de ricci (Fikom 2015) mendapatkan mendali emas untuk estafet gaya ganti. Selain mendali emas, URU pun menyumbang dua mendali perak dalam estafet putri. Tim estafet pertama diberanggotakan Puspita atika raniantari (Fmipa 2018),  ossya salsabila (FH 2017), raisa elprida zuha  ( Fisip 2018),dan Rindah talitha vida (FPIK 2017) untuk  estafet gaya ganti putri dan tim kedua yang beranggotakan Dara mitvahani (Fisip 2018), ossya salsabila (FH 2017), alifia tiyananda mulyana (Feb 2017) dan Puspita atika raniantari (Fmipa 2018) untuk estafet gaya bebas putri. Dua tim terakhir menyumpang mendali perunggu cabang estafet. Tim pertama beranggotakan Muhammad Zaim ukhrowi (Fisip 2018), verdy muhammad rajasa (Fapet 2018), Rizki Cahya ( FTG 2018) dan aditya ramadhan ( Farmasi 2018) untuk gaya ganti putra dan untuk tim terakhir yang beranggotakan Muhammad mukti aji dharma (Fib 2012), yehezkiel yonathan ( FK 2015), ahmad fahmi bimolaksono ( Fib 2018) dan ahmad zuhdan (FKG 2015)

“Tetap dijaga kekompakan serta komunikasinya karena URU itu keluarga. Saya juga berharap dengan adanya kegiatan lomba serta prestasi yang didapat ini dapat menjadi pembangkit semangat untuk anggota URU lainnya dalam mengikuti kegiatan perlombaan renang. Kepada pelatih, terimakasih untuk senatiasa menemani mendukung setiap detik, Terimakasih juga untuk para atlit yang telah berkorban berjuang sekuat tenaga. Kepada officiall pengurus URU 2018 terimakasih juga karena sudah membantu para atlit untuk mengikuti PSC, baik sebelum lomba dan saat hari-H apapun baik itu dari segi teknis, non teknis, psikologis, dan sebagainya. Juga untuk alumni URU yang selalu membimbing anggota URU menjadi lebih baik lagi. Semoga harapan dan doa untuk URU betul-betul bisa terwujud dengan baik. Amiin” ujar Dede Riswanto, Ketua URU Periode 2018.