Pada hari Sabtu, 31 Maret 2018, FPIK Unpad bekerja sama dengan Kelompok Nelayan, Koperasi HMNI Jaya Utama, dan ISPIKANI ( Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia), melakukan restocking benih lobster, kepiting serta udang di Pantai Pangandaran tepatnya di pantai timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari nelayan yang akan jatuh pada tanggal 6 April 2018. Acara ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan FPIK Unpad, para dosen FPIK Unpad, perwakilan lembaga kemahasiswaan jatinangor dan pangandaran, perwakilan kelompok nelayan, perwakilan Koperasi HMNI Jaya Utama dan perwakilan ISPIKANI. Acara berlangsung mulai dari pukul 14.00 s/d 17.00 WIB. Acara dimulai dari Upacara simbolisasi pemberian benih dari Rektor Universitas Padjadjaran dan diberikan kepada perwakilan mahasiswa FPIK Unpad, kelompok nelayan dan Koperasi HMNI Jaya Utama dan setelah acara tersebut dilakukan Restocking di Pantai Timur Pangandaran.

Pada upacara simbolisasi penyerahan bibit, Dekan FPIK Unpad juga Rektor Unpad memberikan sambutan sebelum melaksanakan kegiatan. Pada sambutannya, Dekan FPIK Unpad, Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyambut hari nelayan yang jatuh pada tanggal 6 April 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu usaha FPIK Unpad dalam menjaga keberlangsungan perikanan tangkap dan ekosistem perikanan laut. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi keberlangsungan ekosistem dan bermanfaat pula bagi masa depan anak cucu kita yang masih bisa menikmati kekayaan alam Indonesia.

 

Rektor Unpad menyerahkan benih secara simbolis kepada perwakilan Kelompok Nelayan di Kampus Unpad Pangandaran

Pada sambutannya, Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. Mengatakan bahwa sebagai akademisi kita perlu melakukan segala sesuatu dengan dasar yang kuat dan dilandasi ilmu pengetahuan. Illegal Fishing dan Over Fishing merupakan tantangan masyarakat Indonesia dan kita sebagai akademisi untuk terus menjaga kedaulatan bangsa Indonesia. Dengan mengetahui dampak dan akibat dalam melakukan sesuatu, apa yang kita lakukan akan bisa berkelanjutan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Beliau berpesan jangan sampai kita yang rajin melakukan restocking ada pihak lain yang terus melakukan overfishing. Semoga kegiatan ini terus bermanfaat , tuturnya.

Perwakilan dari Koperasi HMNI Jaya Utama, Bpk. Yudi Haryadi ikut serta menebar benih lobster

Setelah upacara selesai, seluruh peserta kegiatan berangkat ke Pantai Timur Pangandaran untuk melakukan restocking, beberapa perwakilan dosen dan mahasiswa menaiki kapal untuk menurunkan benih-benih lobster dan udang ditengah laut dengan jauh sekitar 3km dari pantai, untuk menghindari jaring-jaring nelayan, serta beberapa lainnya melakukan restocking di muara sungai untuk melepaskan kepiting. Kegiatan ini berjalan lancar dan setelah selesai peserta kegiatan kembali ke tempat keberangkatan yaitu Kampus Unpad Pangandaran.

Berfoto bersama seusai upacara penyerahan benih, di Kampus Unpad Pangandaran

Laporan: Muhamad Haris Nugraha / ZM