MAQUA

MAQUA

KKM Komunitas Mahasiswa Aquascape dan Ikan Hias atau yang disingkat MAQUA berdiri pada tanggal 14 April 2010 di Jatinangor 2010 atas gagasan angkatan 2007 dan 2008 yaitu Alfitrah, Junianto, Wendy dan Glen. Pada periode pengurusan tahun pertama ini, KKM Maqua di ketuai oleh Alfitrah. Kemudian kepengurusan KKM Maqua berikutnya dialihkan ke angkatan 2010 yaitu kepada Nurdiansyah. Pada saat kepengurusan ini anggota Maqua sudah semakin banyak sehingga mulai dapat dibentuk kepanitiaan yang lebih baik. Dan kepengurusan selanjutnya menjadi lebih baik lagi dengan diketuai oleh Reyhan 2011. Pada saat ini kkm MAQUA sedang menjalani kepengurusan yang keempat dengan diketuai Oleh Maulana Albar Putra 2012. KKM ini memiliki beberapa bidang kajian yaitu Aquascape, Marinescape, budidaya ikan hias dan tanaman air serta kegiatan wirausahanya. Hingga saat ini jumlah anggota aktif KKM MAQUA berjumlah 60 orang dari angkatan 2010 hingga angkatan 2013. Sederet prestasi telah diraih oleh KKM MAQUA ini, dari tahun 2011 hingga sekarang KKM ini sudah berhasil meraih 22 piala di berbagai ajang kontes aquascape maupun ikan hias. Dari sederet prestasi tersebut sudah terlihat jelas kontribusinya dalam mengharumkan nama Institusi Fakultas maupun Universitas Padjadjaran itu sendiri di kancah nasional.
Adapun latar belakang dibentuk KKM MAQUA ini yaitu dari pemikiran bahwa perkembangan teknologi yang pesat dibanding sekitar tahun 1970-an. Penataan akuarium atau akuarium tanaman air tawar juga bisa disebut aquascape. Dalam akuarium tipe ini, selain tanaman air dan ikan, ada penekanan pada subtrat, tipe pencahayaan yang sesuai bagi fotosintesis tanaman air. Melihat banyak faktor tersebut, jelaslah bahwa akuarium ini sangat berbeda dengan akuarium air tawar kovensional atau yang telah lama dilakukan orang, yakni yang hanya berisi ikan hias.Bukan hanya akuarium air tawar saja tetapi disini kita juga mempelajari bagaimana merawat akuarium air laut, selama ini kebanyakan orang hanya dapat menikmati keindahan akuarium air laut, tetapi tidak tau bagaimana cara perawatannya.
Dengan adanya suatu wadah yang dapat menampung dan mengembangkan aspirasi mahasiswa diharapkan lebih mencintai dunia perikanan dan menjadi tempat untuk mengasah kemampuan sehingga bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan dapat diterapkan kepada masyarakat luas, bahwa lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran memiliki potensi yang mampu bersaing dalam menghadapi persaingan global.