Home / Kemahasiswaan

Kemahasiswaan

Kegiatan dalam program pengembangan kegiatan kemahasiswaan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad pada dasarnya dikelompokkan atas:

a. Penalaran dan Keilmuan

Program dan kegiatan kemahasiswaan ini bertujuan untuk menanamkan sikap ilmiah, merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kemampuan meneliti dan menulis karya ilmiah, pemahaman profesi, dan kerjasama mahasiswa dalam tim, baik pada perguruan tingginya maupun antar perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. Kegiatan ini dapat berbentuk: Mahasiswa Berprestasi (Mawapres); Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (PPKTIM); Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) bidag IPA, IPS, pendidikan, seni, dan lingkungan hidup; Program Kreativitas Mahasiswa (PKM); Pekan Ilmiah Mahasiswa Tk. Nasional (PIMNAS); Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa (KPKM); Studium GeneralSoft Skill (Kewirausahaan, Technopreneurship workshop) dan kegiatan lain yang sejenis.

b. Minat, Bakat, dan Kemampuan

Program dan kegiatan kemahasiswaan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam manajemen praktis, berorganisasi, dan menumbuhkan apresiasi terhadap olahraga dan seni, kepramukaan, bela negara, cinta alam, jurnalistik, dan bakti sosial. Kegiatan ini dapat berbentuk; Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM); Pekan Olahraga Mahsiswa nasional; Pekan Seni Mahasiswa Nasional; Pramuka Nasional; Mahasiswa Pecinta Alam; Penerbitan Kampus; Kewirausahaan dan kegiatan lain yang sejenis.

c. Kesejahteraan Mahasiswa

Program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan kerohanian mahasiswa. Kegiatan ini dapat berbentuk: Beasiswa; Asrama Mahasisw; Kantin Mahasiswa; Koperasi Mahasiswa (Kopma); Poliklinik; Musabaqoh Tilawati Qur’an (MTQ); Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), dan kegiatan lain yang sejenis.

d. Kepedulian Sosial

Program yang bertujuan untuk meningkatkan pengabdian pada masyarakat, menemkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, menumbuhkan kecintaan kepada tanah air dan lingkungan, kesadaran berkehidupan bermasyarakat, berangsa, dan bernegara yang bermartabat. Kegiatan ini dapat berbentuk: Pelatihan Pendidikan Penyalahgunaan Narkoba, Pengembangan Desa Binaan, Dialog kemahasiswaan, dan kegiatan lain yag sejenis.

e. Kegiatan Penunjang

– Program yang bertujuan untuk meningkatkan sikap dan kemampuan dosen dalam keterlibatannya membimbing kegiatan kemahasiswaan. Kegiatan ini dapat berbentuk: Pelatihan Pelatih Orientasi Pengembangan Pembimbing Kemahasiswaan (PP OPPEK); Pelatihan Pelatih Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PP LKMM); Pelatihan Pembimbing Pendamping Penalaran Mahasiswa (PPPM), dan kegiatan lain yang sejenis.

– Program yang bertujuan untuk meningkatkan sarana dan prasarana kegiatan kemahasiswaan Kegiatan ini dapat berbentuk: Pengembangan Sistem Informasi Kemahasiswaan, pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan lain yang sejenis.

– Lembaga kemahasiswaan yang terdapat pada Fakultas Perikanan dan Teknik Kelautan (FPIK) Unpad yaitu Badan Perwakilan mahasiswa (BPM) bertugas menjalankan fungsi legislatif, dan Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) yang menjalankan fungsi eksekutif.

Prestasi

Para mahasiswa dan staf pengajar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad  telah berhasil meraih prestasi dalam bidang penalaran dan keilmuan. Prestasi yang telah diraih tersebut diantaranya yaitu:

  1. Juara III LKTM Bidang IPA Tingkat Nasional tahun 2004.
  2. Juara III KKTM Bidang IPA Tingkat Nasional tahun 2006.
  3. Juara I KKTM Bidang IPS Wilayah B tahun 2007.
  4. Juara Harapan I KKTM Bidang IPA Wilayah  B tahun 2007.