LABORATORIUM KAWASAN PERIKANAN DARAT CIPARANJE

 

VISI

“Menjadi Sentra Pengembangan Teknologi Budidaya Perikanan Dan Pemuliaan Ikan Di Indonesia 2025”

 

MISI

“Menjadi Fasilitator Kegiatan Perikanan Budidaya dan Meningkatkan Keterampilan Teknis Melalui Kegiatan Praktikum, Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat”

 

SEJARAH

Kolam percobaan Ciparanje didirikan pada tahun 1996  oleh Bapa Iyay Suhaya (Alm) untuk kemudian digunakan dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat program studi perikanan. Kawasan Perikanan Darat Ciparanje termasuk kedalam Laboratorium terbuka kategori III dengan kegiatan meliputi segala bentuk pembenihan, pemeliharaan dan pengembangan teknologi biota air tawar dengan sistem terbuka.

 

Gambar 1. Kolam Ciparanje

 

Pada tahun 1998 didirikan Laboratorium Basah (Hatchery) sebagai bangunan penunjang dalam kegiatan perikanan dengan kondisi lingkungan yang lebih terkontrol. Digunakan baik dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk kedalam laboratorium katagori II dengan kegiatan meliputi segala bentuk pembenihan, pemeliharaan dan pengembangan biota air tawar dengan sistem terkontrol.

 

Gambar 2. Laboratorium Basah (Hatchery)

 

Pada tahun 2016 didirikan Green House sebagai bangunan penunjang dalam kegiatan perikanan dengan konsep akuaponik. Digunakan baik dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk kedalam laboratorium katagori II dengan kegiatan meliputi segala bentuk, pemeliharaan dan pengembangan biota air tawar yang di kombinasikan dengan tumbuhan beserta kontruksi dan sistem yang di kembangkan.

 

Gambar 3. Green House

FASILITAS

 

Gambar 4. Fasilitas Laboratorium

 

KEGITAN YANG DILAKUKAN

 

 

Gambar 5. Teknologi Yang Digunakan