Pekan penutup dalam rangkaian Dies Natalies ke 13 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad berlangsung khidmat dengan Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan, Filantrophy Day serta  Fish Fair yang diselenggarakan di aula Grha Sanusi Hardjadinata di kampus Unpad Dipati Ukur.

Sebagai rangkaian akhir dan menutup Dies Natalies ke 13, FPIK Unpad menggelar Fish Fair yang berupa pameran berbagai produk perikanan dari berbagai UKM dalam binaan FPIK Unpad, juga Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Barat, UKM budidaya perikanan, UKM pengolahan produk pertanian, juga sebuah perusahaan properti dihadirkan. Selain itu unit kegiatan mahasiswa yang bergerak pada pengolahan hasil perikanan yaitu Fortifikasi, budidaya perikanan yaitu Karamba juga tak ketinggalan menunjukkan keunggulan produk dan teknologi yang dimiliki.

Disaat yang bersamaan sebuah workshop mengenai konservasi sumberdaya kelautan dengan fokus “Save Sharks” digelar untuk memberikan pencerahan dan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan laut. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt., yang sekaligus mengajak para mahasiwa sebagai generasi milenial untuk menggaungkan semangat kelestarian lingkungan melalui berbagai media terutama media sosial. Sementara itu Dekan FPIK Unpad Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si yang juga secara simbolis menyambut dan memperkenalkan Nadine Chandrawinata sebagai narasumber utama pada kegiatan ini berpesan untuk terus secara bersama melalui kolaborasi para pihak bergerak melestarikan lingkungan perairan terutama laut.

Pada sesi diskusi utama nara sumber dimulai oleh Wakil Dekan FPIK Unpad Dr. Isni Nurruhwati yang juga menuturkan awal perencanaan kegiatan workshop ini untuk menghadirkan publik figur yang punya kepedulian dan kegiatan nyata dalam kegiatan pelestarian lingkungan terutama kelestarian lingkungan dan sumberdaya laut. Selain itu perwakilan WWF Indonesia Dwi Ariyogagautama melihat secara optimis upaya pelestarian lingkungan laut terutama hiu dari mulai tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya spesies ini. Di penghujung acara Nadine Chandrawinata memukau para peserta dengan pemaparan berbagai aktivitasnya sebagai aktivis yang bergerak dibidang kelestarian lingkungan sebagai Turtle Warrior, Sea Soldier dan beberapa peran lainnya. Secara khusus aktris cantik kelahiran Hannover Jerman yang juga Puteri Indonesia 2005 serta Duta Wisata Bahari 2017 ini mengajak seluruh peserta dan masyarakat secara umum untuk mengurangi sampah plastik melalui cara-cara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Save sharks, save our sea, save our planet.(Candra Wirawan Arief/ZM)

Galeri Foto : Fish Fair FPIK Unpad 2018