Home / Berita / Ekspedisi T-Rax Komitmen Pulau Untung Jawa

Ekspedisi T-Rax Komitmen Pulau Untung Jawa

Setiap tahun KOMITMEN (Komunitas Instrumentasi dan Survei Kelautan) mengadakan ekspedisi yg dinamakan dgn T-RAX Expedition (Technical Research and Expedition), dan pada tahun 2017 memasuki ekspedisi yg ke IV atau tepatnya yang ke VI setelah berganti nama. Ekspedisi kali ini mengambil tempat di perairan Untung Jawa dan sekitarnya meliputi Untung Jawa, P. Rambut, Kelor, Onrust, Bidadari, dan Kayangan. Lokasi ini dipilih karena cocok untuk simulasi dan untuk melihat kondisi awal perairan. Survei awal dilakukan bersamaan dengan kegiatan kuliah lapangan di pulau Untung jawa pada bulan desember 2016, kemudian komitmen research group ilmu kelautan unpad kembali mengadakan ekspedisi dengan menggunakan data awal yang diambil pada bulan Desember 2016. Tim riset komitmen menginisiasi beberapa topik riset yang spesifik pada kajian oseanografi fisis dan kajian mengenai sampah laut sebagai bentuk pengabdian dan kajian khusus komitmen.

Ekspedisi ini sendiri membawa 11 topik penelitian yang fokus pada bidang kajian hidro-oseanografi. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mahasiswa komunitas dapat menggunakan alat oseanografi, dapat menganalisis kondisi lapangan, melakukan kajian-kajian penting, dan silaturahmi. Untuk produk kali ini adalah KOMITMEN yang merupakan bagian dari HIMAIKA FPIK mengeluarkan prototype jurnal dan sebagian dari penelitian ini akan disubmit ke jurnal nasional dan internasional. KOMITMEN juga akan memaparkan hasil penelitiannya dalam bentuk seminar.

Gambar atas : Briefing sebelum survey, (tengah) Pengambilan sampah di mangrove dan pengukuran oseanografi, (bawah) tim berfoto di Pulau Onrust

Ekspedisi ini diikuti oleh para anggota komitmen research group yang didampingi serta dibimbing oleh presiden komitmen Noir P. Purba, dosen Ilmu Kelautan FPIK Unpad Yusuf A. Nurrahman, dan senior komitmen Fadillah Azhar. Total jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 39 orang.

Hari pertama ekspedisi dimulai dengan simulasi penggunaan alat di sekitar dermaga pulau Untung Jawa. Simulasi ini mencakup tutorial penggunaan alat kepada anggota muda dan percobaan penggunaan alat rancangan komitmen sendiri. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan data. Tim riset terdiri dari 2 tim yaitu tim darat dan tim laut. Tim laut sendiri menggunakan 2 kapal, kapal pertama mengambil data kualitas air dan arus di sekeliling p Untung Jawa, sementara kapal kedua mengambil data di sekeliling Pulau Rambut. Sementara itu, tim darat bertugas mendata karakteristik oseanografi fisis dan sebaran sampah plastik di hutan mangrove. Pada malam hari dilakukan evaluasi dan rencana kegiatan untuk keesokan harinya.

Noir P. Purba selaku dosen dan Presiden KOMITMEN yang mendampingi mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting sekali untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa khususnya dibidang oseanografi, manajemen survei, dan teknik survei. Kemudian Azka selaku Ketua HIMAIKA dalam sambutan keberangkatan juga mengatakan bahwa survei ini juga membawa nama baik FPIK di masyarakat dan semoga hasilnya bermanfaat untuk mahasiswa, civitas akademika, dan masyarakat. Vega Kharisma selaku ketua KOMITMEN pada tahun 2017 juga mengingatkan bahwa peserta diharapkan dapat mengambil ilmu dari instruktur dan bertanya tentang hal yang tidak diketahui. Pimpinan kali ini dipimpin oleh Dannisa Ixora yang mengatur segala rencana dari awal sampai akhir kegiatan.

KOMITMEN mengucapkan terima kasih atas dukungan moril dari HIMAIKA selaku penanggung jawab komunitas dan juga kepada Fakultas yang telah memberikan arahan dan masukan terhadap kegiatan ini. Terima kasih juga kepada para sponsorship, KOMITMEN senior, dan pihak-pihak yang telah membantu selama kegiatan TRAX.

 

We rise by lifting each other

 Penulis : Yusuf Nurrahman, M.Si