Home / Download / Buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi

Buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi

Universitas Padjadjaran mewajibkan mahasiswa program sarjana untuk menulis skripsi sebagai salah satu syarat penyelesaian studi. Hal ini didasari pemikiran bahwa membuat karya ilmiah berupa skripsi, yang dimulai dengan usulan penelitian, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, serta penuangan ke dalam bentuk tulisan ilmiah, merupakan proses pembelajaran yang berguna dalam melatih mahasiswa untuk mampu mengonstruksi pemikirannya.

Penulisan karya ilmiah dalam bentuk skripsi di Universitas Padjadjaran masih tampak beragam, baik proses penyusunan maupun formatnya. Walaupun hampir tidak mungkin menyeragamkan proses penyusunan dan format penulisan skripsi di seluruh fakultas di lingkungan Universitas Padjadjaran, yang disebabkan adanya perbedaan latar belakang keilmuan dan bahan penulisan skripsi, dalam arti disesuaikan dengan bidang ilmu yang dikembangkan pada tiap-tiap fakultas/jurusan/bagian/ laboratorium, universitas perlu membuat suatu pedoman yang akan menghasilkan karya ilmiah dengan ciri khusus Universitas Padjadjaran.

Pedoman ini bersifat rujukan yang sistematikanya harus diikuti oleh sivitas akademika. Walaupun demikian, masih dimungkinkan untuk disesuaikan dengan kondisi khusus setiap fakultas/jurusan/ bagian/laboratorium.

Buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi Program Sarjana Universitas Padjadjaran memuat panduan baku yang berlaku umum dalam penulisan skripsi. Aturan yang khas bagi rumpun ilmu masing-masing, sesuai kelaziman dalam dunia keilmuannya dapat dipergunakan asal tidak bertentangan dengan buku pedoman umum penyelenggaraan pendidikan Tahun Akademik 2010/2011.

[jbutton size=”medium” color=”black” rounded=”yes” link=”http://akademik.unpad.ac.id/wp-content/Penulisan-Skripsi.pdf” newpage=”yes”]DOWNLOAD[/jbutton]

Buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi Program Sarjana Univeritas Padjadjaran